Jangan berlindung dari “Ini bukan passion saya”


Sebagian besar orang seusia saya mudah menyerah dalam dunia pekerjaan dengan alasan “Ini bukan passion saya”. Saya tidak menyayangkan karena kita masih muda –dalam artian kita masih kuat melakukan banyak hal yang kita mau, bukan berarti usia kehidupan di dunia masih panjang. Namun yang menggelitik hati saya adalah mereka yang berlindung dari “Ini bukan passion saya” sehingga mereka hanya bekerja rata-rata. Tidak pula mengejar apa yang sebenarnya “passion” menurut mereka karena tidak cukup keberanian.

Passion, menurut kamus Bahasa Inggris, artinya adalah gairah, semangat, nafsu, keinginan besar, kegemaran.

Benar menurut buku yang saya baca, bahwa beruntung lah mereka yang bekerja sesuai dengan passion mereka. Tetapi apakah jika pekerjaan itu bukan passion mereka lalu mereka  tidak akan semangat bekerja? Tidak juga, saya pikir.

Setidaknya ada beberapa kondisi yang pada akhirnya seseorang membuka diri dengan pekerjaan yang bukan menjadi passion mereka, menerima dengan penuh kesadaran, bersungguh-sungguh, penuh semangat, sampai mereka menghasilkan produktivitas tinggi namun dengan tetap mengatakan “ini bukan passion saya”. Ya, bukan passion saya, tetapi ini adalah mata pencaharian saya.

Dengan pengalaman menjalani kehidupan yang masih minim, saya mengamati teman-teman saya yang akhirnya mereka bekerja dengan memberikan gairah pada sesuatu yang sedang mereka jalani, yaitu, pertama, mereka yang pernah mengalami kegagalan di pekerjaan sebelumnya yang sama-sama bukan passionnya namun tetap menjalaninya karena belum berani mengejar “passion” yang mereka mau. Kedua, mereka yang memiliki rasa tanggung jawab besar atas keberlangsungan hidup seseorang atau beberapa orang. Dan ketiga, mereka yang senang bekerja keras dan berjuang (karena salah satu cita-citanya adalah mewujudkan passion yang sebenar-benarnya). Bukankah gairah itu membuat mereka tetap hidup?

Menurut saya makna luas passion itu sendiri adalah gairah, semangat, keinginan besar, kegemaran. Pada kondisi tertentu jangan persempit maknanya dengan sesuatu yang hanya kita sukai yang dengan tidak dibayar pun kita sanggup mengerjakan. Masukkan makna luas passion tersebut ke dalam pekerjaan yang bukan “passion” kita. Maka benar adanya beruntunglah mereka yang bekerja sesuai dengan passion mereka, karena mereka tepat berada pada energi aktivasinya.

Namun sekali lagi, jangan berlindung dari “Ini bukan passion saya” sehingga produktivitas kita rata-rata. Jangan berlindung dari “Ini bukan passion saya” sehingga menghambat rencana hidup yang lain. Jangan berlindung dari “Ini bukan passion saya” sehingga lambat berproses. Jangan berlindung dari “Ini bukan passion saya” sehingga setiap hari kita menggerutu.

 Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat..

4 thoughts on “Jangan berlindung dari “Ini bukan passion saya”

  1. passion itu seperti magnet, walopun kita sudah meninggalkannya jauh-jauh, di suatu saat nanti kita akan saling menarik sehingga bersatu kembali.

Leave a Reply

