Perumpamaan Persegi Panjang


Subhanallah Alhamdulillah…. Maha Suci Allah dari segala prasangka hamba-Mu. Hati yang suci, cenderung menghasilkan pemikiran yang jernih. Hati yang kotor, cenderung menimbulkan kesesakkan di dada.

Beberapa hari ini, Engkau sering mengingatkan aku akan sesuatu hal lebih dari sekali. Seperti kemarin, tiba-tiba aku memikirkan “senggolan” dalam hidup itu seperti garis lurus pendek yang sejajar dengan garis lurus panjang. Garis lurus panjang adalah masa hidupku. Aku sempat mengambil kertas dan pensil untuk menggambar garis lurus tersebut. Namun pikiranku terhenti karena sekaligus merasakan kebingungan, “Lalu sehabis garis lurus ada apa lagi?”.

Sampai bimbingan-Mu itu berlanjut hingga malam ini. Serandom-randomnya hal yang terjadi di dunia ini, tetap saja ada yang mengatur ke-random-an itu. Termasuk ketika aku membuka halaman sebuah buku. Dan mendapatkan hadits sebagai berikut:

“Nabi Saw. Membuat gambar empat persegi panjang dan di tengah –tengahnya ditarik satu garis sampai keluar dan beliau membuat garis pendek-pendek di sebelah garis yang di tengah-tengah itu. Kemudian beliau bersabda, ‘Ini adalah manusia. Empat persegi panjang atau yang mengelilinginya ini adalah ajalnya, dan garis yang berada di luar ini adalah cita-citanya, serta garis pendek-pendek ini adalah hambatan-hambatannya. Jika dia luput (dapat mengatasi) hambatan yang ini, dia akan menghadapi hambatan yang ini. Sedang jika dia luput (dapat mengatasi) hambatan yang ini, dia menghadapi hambatan yang ini.’” (HR. Al-Bukhari)

Maka nikmat Tuhan-Mu mana lagi yang kamu dustakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s